Praktek Kedokteran Tidak Manusiawi

Praktek Kedokteran Tidak Manusiawi – Dalam beberapa dekade dunia kedokteran sudah mengalami kemajuan. Lewat alat medis maupun praktek kesehatan yang sudah lebih maju.

Berbagai penyakit pun kini sudah bisa dikendalikan karena perkembangan dunia medis. Tanpa maksud buruk, metode pengobatan aneh diterapkan, dengan tujuan membantu menyembuhkan pasien. Sedikit unsur perdukunan dan kepercayaan yang tidak dapat dibuktikan secara ilmiah juga ditambahkan dalam pengobatan tersebut.

HEY, COBA BACA DEH INI : NERAKA DALAM SASTRA INFERNO

Tak bisa disangkal, segala kemajuan pengobatan modern yang kita nikmati saat ini tak lepas dari sepak terjang dokter di masa lampau. Sayangnya rekam jejak sejarah tak selalu menunjukkan cerita bahagia. 

Di kala dokter dan ilmuwan seharusnya mengabdi di bawah sumpah “tidak akan pernah mencelakai”, tak jarang mereka bertindak melenceng; menggunakan berbagai metode mengerikan untuk menyembuhkan pasiennya.

Entah memang karena kurangnya penelitian saat zaman dahulu kala atau banyaknya orang yang ingin segera memperoleh uang, dunia kedokteran tentunya telah menyaksikan beberapa peralatan medis yang aneh.

 

  • Trephine

Ribuan tahun lalu, jika seseorang berperilaku tidak normal dan diduga kerasukan roh jahat, sebuah lubang akan dibuat pada tengkorak mereka dengan menggunakan trephine, atau alat bedah berupa pisau gergaji berbentuk bundar.

Lubang tersebut dikatakan dapat menjadi pintu keluar roh jahat sehingga pasien dapat kembali memperoleh akal sehatnya dan menjadi normal. Metode ini terkenal sangat ekstrim hanya untuk mengobati penyakit ringan. 

Perforasi tengkorak yang sengaja memperlihatkan dura mater untuk mengobati masalah kesehatan yang berhubungan dengan penyakit intrakranial atau melepaskan tekanan darah yang menumpuk akibat cedera. Bentuknya seperti alat yang digunakan untuk memotong tulang tengkorak yang bulat untuk mengurangi tekanan di bawah permukaan.

 

  • Sangkar Elektroterapeutik

Metode pengobatan ini berawal dari tahun 1900-an sangkar elektroterapeutik merupakan metode untuk mengobati pasien dengan masalah kesehatan mental.

Pasien hanya akan dimasukkan ke dalam, dan banyak yang mengatakan bahwa mereka tidak merasakan apapun. Meskipun dinilai tidak berbahaya dan bekerja dengan baik, tapi pengaruhnya untuk kesehatan mental masih dipertanyakan.

 

  • Morphine & Heroin

Di abad ke-19, Charlotte N. Winslow, seorang bidan dan pengasuh anak, meramu sebuah obat paten yang bertujuan untuk menenangkan anak-anak balita yang rewel dan bandel selama masa-masa teething alias tumbuh gigi.⁣

Tapi yang ia tambahkan ke dalamnya adalah zat yang berbahaya, ia menggunakan 65mg morfin dan alkohol murni. Akibatnya, banyak anak-anak ini meninggal dunia akibat keracunan dan overdosis. Mrs’ Winslow Soothing Syrup dikecam oleh American Medical Association pada tahun 1911, tapi tetap beredar di pasaran hingga akhir 1930-an.⁣

Pada kasus lainnya tahun 1920, heroine digunakan untuk obat batuk. Efek sampingnya tentu saja berbahaya apalagi untuk anak-anak dengan takaran yang tidak masuk akal.

 

  • Mengeluarkan Banyak Darah

Metode yang satu ini termasuk yang aneh dan terkesan seperti pembunuhan. Cara yang dilakukan untuk membuang darah ini adalah berupa mengeluarkan darah secara langsung dengan alat yang terbuat dari besi atau menyedotnya menggunakan lintah.⁣

Pengobatan ini banyak dilakukan di Yunani dan Mesir kuno serta Eropa abad ke-19. Biasanya pasien akan diambil darahnya yang dimaksudkan untuk mengeluar kan darah kotor.⁣

Dan tidak tanggung-tanggung mereka mengeluarkannya sampai 4 liter. Pengurasan darah ini diresepkan dokter untuk mengobati segala jenis penyakit, mulai dari radang tenggorokan sampai The Great Plague. ⁣Walaupun begitu terapi alternatif lintah dan bekam masih umum digunakan dalam pengobatan modern sebagai bentuk pengurasan darah yang lebih terkontrol.

 

  • Arsenik Untuk Demam

Metode yang satu ini termasuk yang tidak masuk akal, seperti yang kita tau Arsenik juga digunakan secara industri dalam pengolahan kaca, pigmen, tekstil, kertas, perekat logam, pengawet kayu, dan amunisi. Arsenik juga digunakan dalam proses penyamakan kulit, pestisida, aditif pakan, dan obat-obatan.⁣

Pada masa lalu, arsenik digunakan untuk mengatasi demam, sifilis, serta penyakit yang berhubungan dengan penyakit yang berhubungan dengan darah.

Pengobatan zaman sekarang lebih manusiawi dan sudah cocok karena perkembangan zaman. Dahulu bahkan empedu gajah dipercaya bisa mengurangi bau mulut, sekarang kalian tinggal ke apotek terdekat & mencari obat kumur yang cocok, atau contoh lain dimana dahulu besi panas digunakan untuk mengobati ambeien, sekarang sudah ada obat dan pengobatan khusus untuk masalah ini.

 

Perkembangan Dunia medis masih terus dilakukan, dimana banyak sekali metode pengobatan, lahiran, cara operasi atau pengobatan penyakit dalam. Dengan mengutamakan kesehatan dan juga kenyamanan pasien.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *