Tingkatan Malaikat Penghuni Surga

Tingkatan Malaikat Penghuni Surga – Penggambarannya yang tampak aneh dan sangat surealis, seperti anjing berkepala tiga dan lain sebagainya.

Sering diperdebatkan apakah dulu memang pernah benar-benar ada atau itu hanya sekadar simbolisasi belaka. Beberapa di antaranya malahan terbilang asing. Setidaknya itu yang digambarkan dalam teologi Kristiani. Punya arti sebagai si pembawa pesan, penggambaran malaikat Kristiani yang terkenal datang dari tulisan berjudul De Coelesti Hierarchia atau Hierarki Surgawi.

Full title: The Assumption of the Virgin
Artist: Francesco Botticini
Date made: probably about 1475-6

Dalam Hierarki malaikat Kristen yang paling berpengaruh adalah yang dikemukakan oleh Pseudo-Dionysius Areopagite pada abad ke 4 atau ke 5 dalam bukunya De Coelesti Hierarchia (Dalam Hierarki Selestial).

Tulisan Dionysius si Pseudo-Areopagite itu tak hanya menyebutkan bagaimana sosoknya, tetapi juga menjabarkan jika mereka memiliki jabatan tersendiri.

Jabatan itu terbagi menjadi tiga, yaitu tingkat pertama, tingkat kedua, dan tingkat ketiga. Dalam pengertiannya Pseudo-Dionysius Areopagite di De Coelesti Hierarchia (sekitar abad ke-5) beberapa malaikat digolongkan seperti ini:

  • Lingkungan pertama: 1. Seraphim, 2. Cherubim, 3. Singgasana;
  • Lingkup kedua: 4. Dominasi (juga diterjemahkan sebagai Lordships), 5. Kebajikan (juga diterjemahkan sebagai Kekuatan), 6. Powers (juga diterjemahkan sebagai Otoritas);
  • Lingkup ketiga: 7. Principalities, 8. Malaikat Agung (Archangel), 9. Malaikat.

Satu isu yang ramai dibicarakan tentang penggambaran malaikat tersebut adalah persoalan bagaimana bentuk dan tugasnya. Banyak orang tahu kalau malaikat sering digambarkan dengan sosok seperti manusia bersayap putih, yang anggun, dan rupawan. Padahal dalam pendeskripsiannya sosok malaikat tidak sepenuhnya seperti itu.

 

  • Seraphim

Ini adalah tingkatan Malaikat paling atas. Disebut-sebut bahwa Seraphim sendiri bisa melihat langsung ke Tahta Tuhan, Malaikat pembawa pesan mulia dan yang mengatur tatanan Surga.

Serafim adalah malaikat surgawi yang posisinya ada di sekitar tahta pengadilan Tuhan. Serafim ini sering dihubungkan dengan kelompok malaikat yang memuji-muji Allah dengan kidung surgawi di sekitar tahta Allah.

Menurut kitab Yesaya 6: 1-8, Seraphim digambarkan sebagai makhluk bersayap enam yang berapi-api dengan dua sayap yang menutupi wajah mereka, dengan dua sayap lain yang menutupi kaki mereka, dan dua sayap terakhir yang mereka gunakan untuk terbang. Banyak yang beranggapan bahwa dulunya Lucifer termasuk dalam golongan ini sebelum menjadi fallen Angel.

 

  • Cherubim

Yang ini juga masuk dalam golongan tertinggi, Cherubim memiliki empat wajah: satu dari seorang lelaki, seekor lembu, singa, dan seekor rajawali (yang kemudian diadopsi sebagai simbol keempat penginjil Yaitu Matius, Markus, Lukas, Yohanes).

Mereka memiliki empat buah sayap siam yang ditutup dengan mata (walaupun Wahyu 4: 8 tampak menggambarkan mereka dengan enam sayap seperti seraphim), tubuh singa, dan kaki lembu. Cherubim menjaga jalan ke pohon kehidupan di Taman Eden (Kejadian 3:24).

Kerubim diartikan sebagai malaikat yang dekat dengan Allah, ada di sekitar kemuliaan Tuhan, dan melayani Dia. Baik Serafim maupun Kerubim keduanya menempati hirarki tertinggi dalam tingkatan malaikat di surga.

 

  • Singgasana (Ofanim)

Singgasana atau tahta, penggambaran spesifiknya lebih ke bentuk malaikat yang satu ini. Ofanim adalah kelas makhluk surgawi dalam mitologi Yahudi-Kristen yang dikenal karena kebijaksanaan mereka dan dengan demikian digambarkan sebagai malaikat pengetahuan.

Namanya secara umum memiliki arti roda, ia digambarkan seperti roda api menyala yang terang & memiliki banyak mata. Malaikat ini disebutkan oleh Rasul Paulus dalam Kolose 1:16 (Perjanjian Baru). Mereka adalah simbol yang hidup dari keadilan dan otoritas Allah, dan memiliki sebagai salah satu simbol mereka adalah tahta.

Ophamin yang terkenal adalah malaikat Phanuel yang namanya berarti ‘Wajah Tuhan’. Juga dikenal sebagai Paniel, Peniel, Penuel, Fanuel, Orfiel atau Orphiel, adalah Malaikat Pengharapan, Penghakiman, dan Pertobatan. Dia mendorong orang untuk bertobat dari dosa-dosa mereka dan mengejar hubungan kekal dengan Tuhan yang dapat memberi mereka harapan yang mereka butuhkan untuk mengatasi rasa bersalah dan penyesalan.

Dia adalah salah satu Malaikat yang terus berubah jenis kelamin, diciptakan sebagai laki-laki tetapi menjadi perempuan berkali-kali. Ia juga disebutkan dalam kitab Henokh “Dan yang keempat, yang bertanggung jawab atas pertobatan, dan harapan mereka yang akan mewarisi hidup yang kekal, adalah Panuel” (Henokh 40:9).

 

  • Lordship (Dominion)

Disebut sebagai hierarki makhluk langit “Lordships” dalam beberapa terjemahan bahasa Inggris dari De Coelesti Hierarchia. Dominion ditugaskan untuk mengatur tugas malaikat yang tingkatannya lebih rendah.

Hampir tidak pernah malaikat ini menampakkan diri mereka dan dikenali manusia. Penggambarannya sangat mirip dengan malaikat yang digambarkan manusia pada umumnya.⁣

Alkitab menggambarkan contoh terkenal dalam kisah bagaimana malaikat Dominion menghancurkan Sodom dan Gomora, dua kota kuno yang penuh dosa. Dominions membawa misi yang diberikan Tuhan yang mungkin tampak keras: untuk sepenuhnya melenyapkan kota-kota. ⁣

Tetapi sebelum melakukannya, mereka memperingatkan satu-satunya orang setia yang tinggal di sana (Lot dan keluarganya) tentang apa yang akan terjadi, dan malaikat Dominion ini membantu orang-orang benar itu melarikan diri.

 

  • Kebajikan

Malaikat ini juga disebut sebagai paduan suara surga. Ariel diyakini sebagai pemimpin paduan suara Malaikat Kebajikan, mereka yang mengatur tatanan alam semesta fisik, mengawasi matahari, bulan, bintang, dan semua planet, termasuk Bumi. ⁣

Untuk itu, Ariel sangat akrab dengan lingkungan. Ariel dikatakan terlibat dalam membimbing seseorang ke alam peri dan unsur lainnya. Malaikat ini dipercaya mendengarkan doa semua orang yang ada di dunia. Alasannya karena mereka punya kuasa untuk langsung mengurusi dunia manusia. Dikatakan malaikat Kebajikan-lah yang bisa menciptakan mukjizat. 

Bentuknya dikatakan seperti kilatan cahaya. Penggambaran Malaikat Ariel dengan roh alam diabadikan oleh Shakespeare, yang menggambarkan malaikat agung ini sebagai spite pohon di The Tempest. Dalam drama itu, Ariel memperoleh pengetahuan rahasia atas nama pesulap Prospero.

 

  • Otoritas (Power Angel)

Salah satu tingkatan malaikat yang ada di garis tengah. Malaikat ini menjaga tatanan dunia dengan menjaganya dari hal-hal buruk seperti 7 dosa besar.

Angel Of Power mengurus para setan & iblis agar tidak mengambil ahli dunia. ⁣Dalam beberapa kepercayaan merekalah yang ada di garda depan para malaikat surgawi dan orang benar, dalam perang akhir zaman. Mereka digadang sebagai prajurit yang berseragam dan membawa senjata untuk memerangi kejahatan. Tetapi dalam bentuk surgawinya, kekuatan punya bentuk seperti asap yang berwarna cerah kabur.⁣

Mereka mampu melihat dunia masa lalu yang mengubah ilusi dan merasakan aura unik pada individu. Tugas mereka adalah mengawasi kelompok sekelompok manusia.  Mereka yang bekerja menjadi pendidik dan wali dari dunia bumi.

Seperti halnya makhluk yang terkait dengan dunia ide-ide germinal, mereka dikatakan menginspirasi makhluk hidup untuk banyak hal seperti seni atau sains.

 

  • Penguasa

Mereka adalah para malaikat yang membimbing, melindungi & mengawasi kelompok orang dan bukan individu. Mereka adalah pendidik dan wali dari banyak hal di dunia.

Seperti halnya makhluk yang terkait dengan dunia ide-ide germinal, mereka dikatakan menginspirasi makhluk hidup untuk banyak hal seperti seni atau sains.

Para Kepala Kerajaan memimpin kelompok malaikat dan menugasi mereka untuk memenuhi pelayanan ilahi.⁣ Ada beberapa malaikat yang mengelola dan ada beberapa yang membantu. Malaikat ini digambarkan mengenakan mahkota dan membawa tongkat kerajaan.

 

  • Malaikat Agung (Archangel)

Yang ini adalah tingkatan Malaikat yang orang banyak kira menempati posisi teratas. Pada kenyataannya Malaikat Agung atau Archangel bukan yang tertinggi, tapi masuk ke golongan terpenting dalam tatanan surgawi.

Nama ini berasal dari bahasa Yunani archein, yang berarti menjadi yang pertama di peringkat atau kekuasaan dan angelos yang berarti utusan. Kata ini hanya digunakan dua kali dalam Perjanjian Baru: 1 Tesalonika:4:16-TB dan Yudas:1:9-TB. ⁣

Hanya Malaikat Agung Mikael yang disebutkan namanya dalam Perjanjian Baru. Sebenarnya ada 15 nama Malaikat Agung yang cukup terkenal dan tugas masing-masing dari mereka. Semua tugas mereka berhubungan langsung dengan kehidupan dan keperluan manusia pada umumnya. Jika malaikat dengan tingkatan yang atas aktif di surga menjalankan tugasnya, para Malaikat Agung justru ada di banyak tempat di dunia untuk tugas mereka.

 

  • Malaikat & Malaikat Pribadi

Orang percaya mengatakan bahwa Tuhan telah menugaskan malaikat penjaga untuk melindungi setiap individu di Bumi, tetapi dia sering mengirim malaikat untuk menyelesaikan tugas duniawi dalam skala yang lebih besar.⁣

Para archangels mengawasi malaikat lain yang bekerja dalam tim untuk membantu menjawab doa dari orang-orang sesuai dengan jenis bantuan yang mereka doakan. Karena para malaikat melakukan perjalanan melalui alam semesta menggunakan energi sinar cahaya untuk melakukan pekerjaan ini.

Malaikat memiliki ruang yang tak terbatas, namun hanya menurut kehendak Tuhan lah mereka bisa menampakan diri kepada manusia. Beberapa malaikat pribadi yang menjaga tiap individu ada di golongan ini, mereka adalah golongan yang paling dekat dengan manusia.

 

Sebagian besar nama malaikat malaikat berakhir dengan akhiran “el” (“dalam Tuhan”). Di luar itu, setiap nama malaikat memiliki makna yang menandakan jenis pekerjaan unik yang dia lakukan di dunia.

Tuhan mengirimkan para malaikatnya bukan hanya untuk menjaga manusia melainkan mengetahui bagaimana manusia meminta sesuatu padaNya. Jadi menurut kalian malaikat mana yang paling kalian kagumi?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *